My Wonderful Parenting Journey

share what i know, what i learn

(Jangan) Bosan Jadi Ibu Rumah Tangga!!! 12 November 2009

Filed under: Uncategorized — melissasuryaningtyas @ 9:55 PM
Tags:

happy_housewife_1Ibu Rumah Tangga, sepintas langsung memberi bayangan akan pekerjaan yang menumpuk, menyapu, mengepel, nyiapin masak suami dan anak-anak, atau memberikan bayangan yang cukup menarik, arisan sana sini, pengajian keliling kota, memiliki waktu banyak dengan anak, dan tentunya bisa shopping sana sini. Namun ga bisa dihindari terkadang menjalani profesi sebagai ibu rumah tangga menimbulkan kejenuhan tersendiri. kejenuhan itu timbul karena kerutinitasan tugas sehari-hari belum lagi rasanya tugas rumahnya tidak pernah selesai, ada saja yang harus dikerjakan oleh seorang ibu rumah tangga.
ada sebuah qoutes yang mengatakan

“A man’s work is from sun to sun, but a mother’s work is never done” – Author Unknown-

yupp!! that’s 1000000% agree!! pekerjaan seorang ibu terutama ibu rumah tangga ga akan pernah selesai, bahkan sampai anak kita sudah menikah bahkan kita sudah punya cucu. Kita sebagai ibu rumah tangga merasa telah berbuat begitu banyak bagi orang-orang dalam lingkungan terdekat kita, mengurus suami, anak-anak, rumah tangga, keuangan, lingkungan dan masih banyak lagi.

Seringkali ngerasa 24jam dalam sehari masih aja kurang, apalagi dengan jam terbang sibuk yang tinggi selama seharian penuh. bosan, pastinya….munafik banget kalo ga pernah ngerasa bosan, saya ajah baru 1,5 tahun jadi ibu rumah tangga ajah pernah ngerasa bosan (dikiiiiiiiiiiiiitt bangeet!) apalagi yang udah ngejalanin puluhan tahun. kadang rasa bosan ini jadi buat kita sensitif dengan keadaan sekitar, jadi gampang marah (terutama lg PMS), gampang ngambek, gampang stress juga. tapi sebaiknya jangan membiarkan rasa bosan kita kelamaan nangkring di hati kita, take a lead moms!!. Bagi saya menghilangkan rasa bosan ada beberapa cara:

  • Cobalah hubungi kembali teman lama anda, terutama sahabat anda. berbagi cerita dengan sahabat anda setidaknya bisa mengurangi rasa kebosanan anda, anda akan tahu jika you’re not alone. Sahabat anda akan tahu bagaimana membuat anda kembali semangat, dan saya beruntung memiliki sahabat yang sangat saya sayangi yang bisa membuat hari saya dari hitam menjadi berwarna. Berada dengan sahabat dan bercerita dengan orang yang terkasih akan menjadi suatu dorongan tersendiri untuk kita tetap melanjutkan hidup.
  • Tetap lakukan hobby anda! Hobby bisa menjadi suatu pengalihan suasana, pikiran dan perasaan hati kita. anda akan melakukan hobby dengan senang hati bukan?? bagi yang suka nulis,silahkan nulis dimana pun medianya, bagi yang suka chatting (seperti saya hehe) online laah dengan berbagai account, tapi sebaiknya hal ini dilakukan jika semua urusan selesai hehe..bagi yang suka bertanam, coba lihat lagi tanaman anda apakah ada yang sudah lama tidak dipupuk, bagi yang hobby tidur, yaa jangan kelamaan tidur nya yaaa… hehe
  • Selalu sempatkan waktu “me” time anda. entah itu nonton gossip sendirian dengan khusyuk, atau baca novel yang anda sukai, tapi sebelumnya diskusikan dulu dengan pasangan anda. jangan sampai karena anda menuntut “me” time tapi malah makin merepotkan pasangan yang sedang dikejar deadline (misalnya) dan orang-orang di sekitar anda.
  • Hilangkan anggapan bahwa menjadi ibu rumah tangga adalah sebuah pembodohan!! menyesallah orang2 yang bilang seperti itu. sebaliknya, justru dengan menjadi ibu rumah tangga kita dapat memperbanyak pengetahuan kita. misalnya ajah untuk membuat bubur bayi anak kita, ga mungkin khan main langsung masukkin bahan-bahan makanan, kita pasti mencari bahan bacaan yang berkaitan dengan hal tsb dan which is hal itu bisa menambah pengetahuan kita.
  • Permudah pekerjaan rumah anda, yaa..yaa..yaa..saya tahu pekerjaan rumah tangga itu banyaaak n ga mudah semua, tapi permudahlah! misalnya untuk urusan masak, jika anda tak sempat memasak nasi setiap hari, masaklah nasi dalam jumlah yang cukup banyak dan simpan lah di kulkas, anda tinggal memanaskan ketika anda ingin makan. atau, soal lauk, buat lah lauk lauk yang gampang dibuat, jika ingin lauk yang cukup rumit, masaklah tahap2 awal nya, lalu simpan di kulkas, dan ketika ingin makan, anda tinggal memanaskannya saja.
  • Last but not least, ingatlah menjadi seorang ibu adalah pekerjaan yang mulia, terutama ibu rumah tangga (tanpa ingin merendahkan ibu bekerja which is saya salut bagi mereka yang kuat menjalankan 2 peran sekaligus). Menjadi seorang ibu rumah tangga merupakan kesempatan kita untuk mengabdi kepada suami dan merawat anak-anak kita, yang disini saya anggap suatu kesempatan untuk lebih mengerti akan beratnya peran seorang ibu, kesempatan untuk menambah pahala sebanyak-banyak (dengan kesabaran yang amat sangat diuji) dan lebih mendalami arti sebuah rumah tangga yang sesungguh nya. Saya bersyukur bisa memiliki kesempatan ini!

dan sebagai penutup (halah!)  ada qoutes yang menurut saya bagus:

Being a full-time mother is one of the highest salaried jobs in my field, since the payment is pure love.  ~Mildred B. Vermont

 

One Response to “(Jangan) Bosan Jadi Ibu Rumah Tangga!!!”

  1. Jhane Says:

    Thanks banget artikelnya…pas banget lg feeling boring being a mother🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s