My Wonderful Parenting Journey

share what i know, what i learn

Resep Pempek 12 November 2009

Filed under: Uncategorized — melissasuryaningtyas @ 3:00 PM
Tags: ,

Resep PempekKemarin-kemarin sempet bikin pempek, pas pertama kali nyoba sih modal nekat, tapi  ternyata enaaak walopun bentuk pempek nya rada tidak mirip pempek, tapi yang penting khan rasa nya haha..

Resep Pempek ala icha ;p

Bahan:
1kg ikan tenggiri yg sudah digiling/dihaluskan
Tepung Sagu
1 kg gula merah
10-15 siung bawang putih
10 buah cabai rawit (tergantung selera pedas)
1-2 buah asem jawa
garam
gula
penyedap (jika suka)

Cara bikin kuah pempek:
1. Haluskan bawang putih dan cabe rawit lalu sisihkan
2. Iris halus gula merah, lalu didihkan air secukupnya (kurang lebih 3-4 gelas, bisa lebih tergantung banyak/ga kuah nya) lalu masukkan asem jawa dan gula merah, aduk sampai gula merah meleleh dan biarkan sampai mendidih
3. setelah mendidih, saring kuah pempeknya (ini untuk menghilangkan ampas yg ada di gula merah dan asem jawa)
4. lalu didihkan kembali kuah pempek yang sudah bersih, setelah mendidih masukkan bumbu bawang putih dan cabe yang telah dihaluskan, aduk rata, biarkan di api kecil kurang lebih 10 menit
5. kuah pempek selesai ;p

Cara bikin pempek:
1. Aduk ikan tenggiri yang sudah dihaluskan dengan air 1 gelas, garam, gula dan penyedap secukupnya
2. Tambahkan tepung sagu pada adonan ikan, aduk sampai rata, sagunya ga usah terlalu banyak, secukupnya ajah, sampai bisa dibentuk adonan nya
3. utk bikin pempek lenjer, ambil adonan dan dibentuk lonjong, dalam ngebentuk pempeknya ambil sedikit sagu, ditepok tepok ajah di adonan nya, ato ga taruh sagu nya di tangan, biar ga tambah lengket
4. utk bikin pempek telor, pertama-tama kocok telor, taruh di gelas ukur, lalu ambil adonan, bentuk adonan jadi bulet, lalu buat lubang dengan jempol kita, pas lubangnya kita masukkan kocokan telor nya, jgn telalu banyak nanti bocor, habis itu tutup dengan ujung ujung adonan nya
5. sementara sambil bikin pempeknya, didihkan air cukup banyak utk ngerebus, setelah mendidih lalu masukkan adonan pempeknya, jd begitu adonan pempeknya selesai dibentuk, langsung masukkin ke rebusan air nya, klo ga nanti keras ato ga bocor cairan telor nya…
6. klo pempeknya udh ngambang, berarti pempek nya udah mateng, siap diagkat dan ditiriskan.
7. pempeknya jadi deh, tinggal di goreng kapan ajah… hasil yg direbus bisa disimpen di kulkas n tahan lama😉

tips:
*klo bisa pilih ikan tenggiri nya bagian tengah yaa,dan lsg minta digiling di penggilingan ikan/daging, jangan ngehalusin pake blender di rumah, soalnya akan menambah kandungan air, jd nanti pempek nya kurang berasa ikannya
*klo bisa gula merah nya, gula merah yg bentuk nya kayak batok kelapa itu, soalnya manis n hitam nya bagus
*pas bikin kuah pempek, rasa dulu rebusan asem jawa dan gula merah nya, klo dirasa udh pas/enak baru deh di saring, klo kurang asem, tinggal di peras lagi aja asem jawanya, klo kurang manis tinggal ditambah gula merah nya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s