My Wonderful Parenting Journey

share what i know, what i learn

Tips Cara Gampang Bikin MPASI 23 November 2009

Filed under: Uncategorized — melissasuryaningtyas @ 11:20 PM
Tags: , ,

Membuat bubur bayi untuk si kecil memang susah susah gampang..kadang banyak bahan nya kadang males nya hehe.. tapi bagi saya sebisa mungkin anak saya mendapatkan makan bubur bayi buatan saya, tapi klo bikin bubur bayi dari beras yang baru dicuci akan memakan waktu yang cukup lama, kurang lebih bisa 30 menit – 1 jam, dan bayi kita keburu lapar dan rewel. Naah..untuk menghindari hal hal yang tidak kita inginkan, saya punya tips yang sangat gampang, agar cepat membuat bubur bayi….

Pertama, buat kaldu untuk bayi anda, jauh sebelum anda memasak bubur, misalnya dijadwalkan seminggu sekali anda membuat kaldu dalam jumlah yang cukup banyak lalu simpan dalam plastik-plastik kecil untuk sekali makan dan simpan di dalam freezer. untuk resep kaldu bisa di liat disini

Kedua, buat tepung beras sebelum nya, baik beras merah dan berah putih. Untuk resep tepung  beras bisa lihat disini. Sehingga ketika anda ingin memasak bubur, anda tinggal mengambil cukup satu sendok makan tepung beras.

Ketiga, siapkan lauk untuk bubur bayi anda, misalnya ikan, ayam, dan daging sapi (jika sudah lebih dari 8 bulan). untuk ikan, ayam dan sapi bisa di rebus/dikukus dahulu, lalu haluskan dengan blender maupun ditumbuk, lalu simpan di lemari es dalam bentuk lembaran tipis, simpan di dalam plastik.

Keempat, untuk sayur, saya tidak pernah menyimpan dalam jumlah banyak, karena saya suka membeli sayur setiap hari. saya berusaha sayurnya selalu segar. tapi jika ingin menyimpan, saya sarankan menyimpan sayur-sayur dalam wadah tertutup dikulkas.

Kelima…..tinggal cara masak buburnya..pertama masukkan satu sendok makan tepung beras ke dalam panci, campur dengan satu gelas air, ambil lauk beku di freezer, potong sesuai porsi makan bayi anda, masukkan ke dalam panci, lalu ambil satu plastik kaldu, masukkan ke dalam panci, ambil sayur anda, potong-potong sesuai selera bayi masukkan ke dalam panci..aduk rata lalu tambahkan margarin atau garam jika perlu lalu nyalakan api dan bubur pun siap dalam 5 menit. Saring bubur jika perlu.

Selamat mencoba dan Semoga membantu….🙂

 

One Response to “Tips Cara Gampang Bikin MPASI”

  1. ummu hamaz Says:

    asw mb, slm knl. mksh bgt, infonya cukup membantu..aku sdg binun mslh mpasi..takut slh..mklum, ank pertama.


Tinggalkan Balasan

