My Wonderful Parenting Journey

share what i know, what i learn

Tips Menyimpan Lauk untuk MPASI 26 Desember 2009

Filed under: Uncategorized — melissasuryaningtyas @ 3:30 PM
Tags: , ,

Dalam mempersiapkan bubur MPASI untuk bayi tercinta tentu kita tak ingin kerepotan menyiapkan segala lauk dan sayurannya. Bagi moms yang suka kerepotan menyiapkan lauk untuk mpasi, saya punya tips ringan nya:

  • Jangan menyimpan lauk untuk mpasi,misalnya ikan, daging sapi atau hati ayam dalam keadaan mentah. Karena akan memakan waktu yang lebih lama lagi dalam memasaknya, tentu kita harus merendam dulu dalam air,lalu mencuci kembali sebelum dimasak khan?
  • Menyambung tips diatas, oleh karena itu masaklah lauk untuk MPASI bayi anda. Misalnya ikan tenggiri/salmon/bawal putih, saya akan cuci bersih dulu ikannyanya, lalu beri jeruk nipis dan biarkan kurang lebih selama 30 menit, lalu rebus dengan api kecil agar benar benar matang.
  • Menyambung lagi tips diatas, Setelah ikan matang dan didinginkan, suir kecil kecil daging ikan yang direbus tadi, lalu simpan di dalam plastik dan pipihkan/tipiskan, hal ini dilakukan agar ketika nanti disimpan di freezer,kita tinggal mematahkan atau memotong, sehingga akan memudahkan kita mengambil lauk sesuai dengan kebutuhan si bayi.
  • Untuk ayam dan daging, rebus daging ayam/daging sapi,sama ketika kita memasak kaldu ayam atau kaldu sapi, setelah dingin, daging ayam disuir-suir atau bisa juga diblender, simpan dalam kantung plastik, dan jangan lupa juga untuk dipipihkan/ditipiskan.

untuk sayur…saya selalu memberi yang fresh untuk bayi saya (setiap hari beli sayur di tukang sayur yang lewat depan rumah..hehe), karena sayur gampang sekali layu. Kalau misalnya moms terpaksa menyimpan dalam kulkas, saya sarankan untuk memetik dulu daun daun sayurnya. Misalnya untuk sayur bayam, saya akan memetik daun bayam lalu disimpan didalam plastik atau tempat kedap udara dan disimpan dibagian bawah kulkas. moms juga bisa memilih sayur yang cukup lama bisa bertahan di kulkas,misalnya brokoli atau bunga kol, atau tahu yang (menurut saya) bisa bertahan maksimum 3 hari.

mudah bukan moms? Semoga membantu yaa….🙂

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s